Sabtu, 13 Juni 2009

Abjad B


Betelgeuse : Sebuah bintang super raksasa berwarna merah sebagai tanda pada bahu sebelah kanan rasi Orion. Betelgeuse keadaannya labil karena bentuknya besar dengan garis tengah yang berubah tidak beraturan antara 300 sampai 400 kali Matahari dengan tingkat kecermelangan yang berubah pula. Letaknya sejauh 650 tahun cahaya.

Big Bang : dentuman besar, ledakan dahsyat; teori Ilmu Pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta yang terbentuk dari ledakan besar, dahsyat, terjadi sekitar 13.700 juta tahun lalu. Suatu peristiwa keadaan energi tidak berhingga meledak dan memuai ke segala arah. Penemuan ini mengakibatkan terjadinya penurunan suhu tinggi dan memungkinkan pembentukan materi sebagai awal mula lahirnya planet – planet, bintang – bintang bahkan kehidupan makhluk. Sisa – sisa ledakan besar ini masih dapat dirasakan dan diamati melalui radiasi gelombang mikro bersuhu minus 270o C yang sekarang memenuhi kosmos. Saat- saat penciptaan inilah yang mengagumkan kita. Karena keadaan singularitas ini hukum – hukum fisika tak berlaku dan tak dapat diru-muskan. Pandangan Edward Tryon ( 1973) dari City University New york, menguraikan teori – teori berdasarkan prinsip – prinsip Heisenburg bahwa mekanika kuantum memperkirakan kehampaan dapat melahirkan suatu sistem, semakin kecil energi system, maka makin lama periode hidup partikel semu. Sebuah energi nol akan dapat hadir se-lamanya.teori ini juga didukung oleh alan Guth ( USA ) yang mengatakan kosmos lahir lebih dari satu dan tidak saling berhubungan, karena hokum fisikanya juga berbeda. Ledakan ini melontarkan materi dalam jumlah besar ke segala penjuru dan mengembang serta mengisi alam semesta dalam bentuk bintang, planet, debu, kosmos, asteroid, energi, partikel- partikel yang lain. Teori ini dipikirkan oleh Edwind Hubble dari USA ( 1929 , diolah dari Karlina Leksono, Kompas 9-8-1990 & sandi Setiawan, Kompas 6-9-1990 )

Binary Star : bintang ganda : sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar pasangannya tampak sebagai bintang tunggal kalau dilihat dengan mata telanjang, jika dilihat dengan menggunakan teleskop terlihat ganda. Ada yang terlihat satu dengan pasangannya namun kegandaannya dapat dilihat dari cahaya gabungannya. Dalam beberapa pasangan bintangnya secara berkala saling menghalangi.


Binary star :
www.bbc.uk

Bootes : Boötes, "Sang Penggembala", adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern dan juga satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Claudius Ptolemaeus. Dalam rasi ini terdapat bintang tercerah keempat di langit malam, Arcturus. Kependekan BooGenitif Boötis Arti Sang Penggembala Aksensio rekta 15 h Deklinasi 30° Tampak pada lintang Antara 90° dan −50° Penampakan terbaik Juni Luas - Total Urutan ke-13907 derajat persegi. Banyaknya bintang dengan
magnitudo tampak < 3 3 Bintang tercerah - Magnitudo tampak Arcturus (α Boötis) −0.04 Hujan meteor January Bootids June Bootids Quadrantids Rasi bintang yang berbatasan Canes Venatici; Coma Bereni-ces ; Corona Borealis ; Draco Hercules ; Serpens ; Virgo Ursa Major


Rasi Bootes
www.daviddarling.info
Bosscha KAR : Usahawan perkebunan teh di Pangalengan dari Belanda yang kaya dan berjasa dalam pendirian astronomi Indonesia. Pada tahun 1920 mendirikan mendirikan Astronomi India- Belanda ( Nederlandch – Indische Sterenkundige Vereniging, NISV ), dan kemudian membelikan sarana penting untuk aktivitasnya berupa teropong Refraktor dobel Zeiss sebagai cikal bakal peralatan observatorium “ Bosscha “ untuk menghormati jasa-jasanya. APRIM ( Asia Pasific Regional IAU Meeting ) ke 9 tanggal 26-29 Juli 2005 di Bali yang dihadiri oleh 350 peserta dari 32 negara meneguhkan visi di awal abad 20 yang dilakukan KAR Bosscha, bahwa Nusantara ideal untuk astronomi, dan astronomi yang mencari hakikat manusia di alam semesta akan semakin penting di masa-masa yang akan datang.

Blackhole : lubang hitam ; Daerah di sekeliling bintang yang telah runtuh. Gravitasinya sedemikian kuat sehingga tidak ada sesuatupun yang dapat lolos, termasuk cahaya sekalipun. Namun benda – benda dapat terhisap masuk. Jika ledakan besar menandai asal mula alam semesta, maka lubang hitam yang jauh lebih kecil mungkin terbentuk dalam tekanan dan kerapatan tinggi yang mengikutinya.

Brown Dwarf : Kerdil coklat ; sebuah calon bintang ( protostar ) yang gagal terbentuk menjadi bintang akibat tidak memiliki cukup massa untuk membentuk reaksi nuklir yang menyebabkan ia dapat bersinar sebagaimana bintang lainnya pada fase stabil.( lihat Red Dwarf )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar