Sabtu, 13 Juni 2009

Abjad A


Aberration : penyimpangan cahaya; sesatan cahaya; perbandingan antara kecepatan revolusi bumi dengan kece-patan merambat cahaya di angkasa ( 1 : 10.000 ); hal ini disebabkan kece-patan revolusi bumi = 30 km/detik, dan kece-patan Cahaya = 300.000 km / detik.Sudut yang dibentuk oleh datangnya cahaya yang sebenarnya dengan kesan yang dilihat oleh pengamat di bumi ( alpha ) dengan tero-pong. Orang yang pertama kali mene-mukan adanya sesatan cahaya adalah Bradley ( 1726 ), ketika ia menemukan kesulitan dalam menghitung paralaxis bintang yang diukurnya selalu bergeser. Cahaya bintang lewat tabung teropong, namun teropong ikut bergeser dengan bumi yang sedang berevolusi. Akibatnya Cahaya itu tidak jatuh pada titik yang semestinya / menyimpang ke belakang.

Aces and Sokoi : Aces merupakan pakaian / baju perjalanan antariksa yang dipakai pada astronut AS, sedangkan yang dipakai kosmonot Rusia disebut Sokoi. Pakaian ini sesuai dengan tubuh dan ukuran tempat duduk di Soyuz.

Aerial photographic color and tone : rona dan warna foto udara; tingkat kecerahan/ kegelapan obyek pada foto udara. Dalam foto udara hitam putih, warna putih menunjukkan batuan, tanah yang kering, abu-abu terang merupakan campuran material yang bertektur halus dan kasar, tanah kering dengan sedikit tumbuhan; abu-abu suram adalah tumbuh-tumbuhan yang berkembang, abu-abu hitam adalah muka air yang tinggi dan pengairan yang buruk.

Aerial photographic texture : tekstus foto udara; frekuaensi perubahan rona foto udara yang dibentuk oleh bagian-bagian kecil di dalam foto udara yang terlalu kecil untuk dinyatakan satu persatu; tekstur ada yang halus, sedang dan kasar.

Albedo : Fraksi cahaya Matahari yang sampai pada suatu planet dan dipantulkan kembali ke angkasa luar. Albedo Bumi besarnya 30 – 35 %. Sisa cahaya Matahari diserap oleh tanah dan berpengaruh terhadap suhu rata – rata di permukaannya.

Aldebaran : Sebuah bintang raksasa berwarna merah paling cermelang di dalam rasi Taurus. Jarak aldebaran 65 tahun cahaya dan garis tengahnya 36 kali Matahari.

Algol : Rasi Beta Persei. Merupakan sebuah bintang berpasangan memudar yang jauhnya 82 tahun cahaya dalam rasi Perseus. Algol sedikit meredup setiap 2,87 hari karena terhalang oleh sebuah bintang pasangannya yang lebih suram. Variasi kecermelangan Algol ditemukan serta dijelaskan oleh seorang astronom Inggris Goodricke pada tahun 1782.

Algol
Mark.A.Garlick : Space.art.co.uk

Almucantarat : lingkaran – lingkaran yang sejajar dengan horizon dan bintang tersebut. Jadi ada dua buah bintang mempunyai tinggi yang sama berarti terletak pada satu lingkaran Almucantarat yang sama. Bintang yang kita lukiskan selalu di atas horizon.( lihat zenith distance, azimuth , dan Altitude of star )

Alpha centauri : bintang terdekat dengan Matahari, yaitu sejauh 4,3 tahun cahaya. Ia terdiri dari tiga bintang yang saling berhubungan karena gravitasi, kalau dilihat oleh mata telanjang terlihat menjadi satu. Alpha Centauri merupakan bintang yang cermelang dalam rasi centaurus dan menduduki urutan ketiga paling cemerlang di angkasa jika dilihat pada malam hari.

Altitude of star : tinggi sebuah bintang; besarnya busur pada bola langit dihitung melalui sebuah lingkaran vertikal pada bintang tersebut dengan perpotongan horizon besarnya busur tersebut antara 0o – 90o. ( lihat zenith distance, azimuth , dan almucantarat ).

Andromeda: Andromeda : andromede di langit utara dekat Pegasus. Rasi ini cukup panjang dan redup, membentuk huruf "A". Rasi ini terkenal dengan Galaksi Andromedanya. Singkatan: And Genitif: Andromedae Simbologi: Andromeda, perawan yang dirantai Asensio rekta: 1 h Deklinasi: +40° Luas: 722 derajat persegi. (19th) Jumlah bintang utama: 4, 18. Jumlah bintang Bayer / Flamsteed: 63. Jumlah bintang yang diketahuimemiliki planet: 2. Jumlah bintang paling terang: 3 Jml bintang dekat: 5 Bintang paling terang: α And (Alphe-ratz) (2,1m) Bintang terdekat: Ross 248 (10,32 thn chy) Obyek Messier: 3 Hujan meteor: Andro-medids (Bielids) Rasi bintang yang berbatasan: Perseus Cassiopeia Lacerta Pegasus Pisces Triangulum
Rasi Andromeda
http://www.daviddarling.info/

Anomalistic Month : bulan anomalistic; interval waktu yang dibutuhkan bulan untuk bergerak dari perigee kembali ke perigee.Panjang bulan anomalis = 27,55455 hari = 27h 13J,19 m.

Antares : merupakan sebuah bintang raksasa berwarna merah terletak di dalam rasi Scorpio kala jengking. Garis te-ngahnya 300 kali matahari. Ia merupakan bintang terbesar yang diketahui menge-luarkan cahaya setara dengan 5000 Matahari kita. Letaknya sejauh 430 tahun cahaya.

Antlia: Rasi bintang Antlia (kata Latin untuk pompa) adalah suatu rasi bintang yang relatif baru dan dibentuk pada abad ke-18. IAU mengakuinya sebagai salah sati dari 88 rasi bintang modern. Mulai dari utara, Antlia dikelilingi olehHydra sang monster laut, Pyxis yang merupakan sebuah kompas, Vela yang merupakan layar dari kapal mitologi Argo dan Centa-urus. Kependekan Ant Genitif AntliaeArti Pompa AirAksensio rekta 10hDeklinasi - 90°Tampak pada lintang Antara+45° dan - 90°. Pada meridian AprilLuas – Total Urutan ke-62239 derajat persegi Banyak-nya bintang denganmagnitudo tampak < href="http://www.daviddarling.info/">http://www.daviddarling.info/
Aphelion : titik garis edar terjauh dari Matahari yang dicapai oleh suatu benda angkasa. Titik ini kebalikan dari titik Perihelion. Merupakan garis edar yang terdekat dari Matahari yang dicapai oleh suatu benda angkasa.

Apollo : Penjelajahan ruang angkasa ke Bulan yang dilakukan oleh Amerika Serikat. Peluncuran yang baik diawali dengan Apollo 7 dengan penerbagan manusia pertama dengan menggunakan modul komando tanggal 27 Oktober 1968, yaitu : Schirra, Cunningham, dan Eiscle selajutnya Apollo 8 ( 21 – 27 Desember 1968 ) dengan awak Borman, Lowel, Anders dengan peluncur roket Saturn V; Apollo 9 ( 3 – 13 maret 1969 ) dengan awak MC Divitt, Scott, Schweickart dengan jumpa gandeg dengan modul bumi; Apollo 10 ( 18 -26 Mei 1969 ) dengan awak Stafford,Cerman dan Young) merupakan uji coba pertama modul Bulan di dekat Bulan dan turun sampai 14,5 km; Apollo 11 ( 6 – 24 Juli 1969 ) dengan awak Amstrong, Aldrin, Collins ) merupakan pendaratan manusia pertama di bulan dengan mengambil batu batuan dan menempatkan peralatan di bulan. Peluncurannya menggunakan roket saturnus dimana Neil Alden Amstrong mendaratkan kakinya jam 09.56 WIB tanggal 21 Juli 1969 ) disusul oleh Edwind Aldrin, sedangkan Michael Collins tetap pada pesawat Commond Modul. Apollon XII ( 14 November 1969) dengan awak Concard, Gordon dan Bean); Apollo XIII gagal mendarat di Bulan ( 11 – 17 April 1970 )karena gangguan listrik; Apollo VI( Mei 1972 dengan awaknya Young, Keneth Matingly serta Charles Duke dapat berjalan dengan Jeep di Bulan

Apollo 11 : Amstrong, Collins dan Aldrin
http: // en Wikipedia.org

Apus: Apus (cendrawasih adalah suatu rasi bintang redup di belahan selatan. Pertama kali ditemukan dalam Ura-nometria yang ditulis oleh Johann Bayer, tetapi mungkin sudah dipakai untuk navigasi sebelumnya. Kependekan Aps Genitif Apodis Arti Cendrawasih Asensio rekta 16 hDeklinasi -75° Tampak pada lintang Antara 5° dan -90° Pada meridian 9 p.m., July 10 Luas – Total Urutan ke-67206 derajat persegiBanyaknya bintang dengan magnitudo tampak < href="http://www.daviddarling.info/">http://www.daviddarling.info/

Aquarius : Pembawa air; sebuah rasi zodiak yang terletak di daerah khatulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan bulan Februari hungga per-tengahan bulan April. Salah satu dari 88 rasi bintang di langit. Kependekan AqrGenitif Aquarii Arti Pembawa Air Aksensio rekta 23 h Deklinasi -15°Tampak pada lintang Antara 65° dan -90° Penampakan terbaik OktoberLuas - Total Urutan ke-10980 derajat persegi Banyak-nya bintang dengan magnitudo tampak < href="http://www.daviddarling.info/">http://www.daviddarling.info/

Ara: suatu rasi bintang di selatan yang berada di antara rasi bintang Centaurus dan Lupus. Ara , adalah sejenis pohon fikus yang banyak sekali jenisnya. Tum-buh ditepi sungai Kependekan Ara Genitif Arae Arti Altar Aksensio rekta 17.39 h Deklinasi -53.58° Tampak pada lintang Antara 25° dan -90° Penampakan terbaik Juli Luas – Total Urutan ke-63237 derajat persegi Banyaknya bintang dengan mag-nitudo tampak < href="http://www.daviddarling.info/">http://www.daviddarling.info/

Arcturus : sebuah bintang raksana berwarna merah bergaris tengah 27 kali Matahari yang terletak di rasi belahan Utara Bootes, pengembala.

Aries ( γ ) : titik musim bunga, domba, hamal , ram disebut vernal equinox, salah satu titik perpotongan antara ekliptika dengan equator langit. Titik ini bergeser sepanjang ekuatir langit dan digunakan oleh astronom dan lain-lainnya untuk lebih memudahkan menentukan letak atau tempat kedudukan bintang – bintang di bola langit.Rasi ini berada antara Pisces di sebelah barat dan Taurus di sebelah timur. Kependekan Ar Genitif Arietis Arti Domba Aksensio rekta 3 h Deklinasi 20°Tampak pada lintang Antara 90° dan -60° Penampakan terbaik Desember Luas Tota Urutan ke-39441 derajat persegi Banyaknya bintang dengan magnitudo tampak < href="http://www.daviddarling.info/">http://www.daviddarling.info/

Asterism : astronomi Internasional; bintang – bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang mempunyai astrofisika, mereka sebenarnya terpisah jauh tidak ada hubungan sama sekali.

Asteroide : planet-planet kecil / minor yang mengeilingi Matahari, terletak antara orbit Mars dan Jupiter, disebelah dalam orbit Mars, disebelah dalam orbit Jupiter dan didekat Matahari, disebut juga Planetoid / minor planet. Menurut besarnya dibagi dua, yaitu asteroid besar yang warnanya gelap, karena mengan-dung karbon tinggi seperti Ceres, Pallas, Vesta, Hygier, Interamma, Davida, Psyche, Fortuna dan lain-lain dan asteroid kecil yang warnanya lebih terang karena unsur-unsurnya sama seperti yang dikan-dung dengan bumi, misalnya Icarus, Eros, Toros, Apollo, Adonis dan Hermes. Be-berapa asteroid mempunyai orbit yang me-nyimpang sehingga dapat memotong orbit Bumi. Asteroid semacam ini digolongkan sebagai Near Earth Asteroid ( NEA )

Astronaut : astronot; antariksawan/ wait; orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan ke ruang angkasa atau memimpin penerbangan pesawat atau menjadi awak pesawat antariksa.Istilah astronot berasal dari Amerika dan rekan – rekannya, sedangkan Kosmonut berasal dari Rusia.lebih dari 32 ( 2008 ) Negara pernah mengirim astronutnya ke ruang angkasa.

Astrophysics : Astrofisika; cabang astro-nomi yang berhubungan dengan fisika ja-gad raya termasuk sifat fisis ( Luminositas, kepadatan, suhu, dan komposisi kimia ) dari cahaya astronomi seperti Planet, bintang, galaksi dan medium antar bintang dan juga interaksinya. Kosmologi adalah tepri astronomi pada skala besar ( http:// id. Wikipedia.org/wiki/astrofisika )




Asteroid : http://www.noao.edu/

Astronomic Unit ( AU ) : satuan Astro-nomi ( SA ) ; satuan untuk meng-ukur jarak dalam astronomi ; 1 SA/AU = 150 juta kilometer = jarak Matahari sampai bumi, tepatnya 1,49597870691 x 1011 ( ± 3 ) m. Contoh Jarak Matahari sampai dengan Mars = 1,5 SA, Matahari sampai dengan Uranus = 19,2 SA .

Atmosphere window : jendela atmosfer; spektrum yang dapat menembus atmosfer dan mencapai permukaan bumi yang sudah dikenal dan banyak dipergunakan dalam penginderaan jauh, adalah spektrum antara 0,4 – 0,7 μ m, hal ini disebabkan spektrum elektromagnetik hanya sebagian kecil saja yang dapat dipergunakan dalam penginderaan jauh. Sinar kosmik, sinar gamma, sinar X, dan sebagian sinar in-framerah sulit untuk menembus atmosfer.

ATS ( Aplication Technology Satelite ) : satelit untuk memantau kondisi cuaca diluncurkan pada tahun 1966.

Auriga : rasi bintang di belahan utara. Rasi ini adalah satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy, dan juga satu dari 88 rasi bintang modern. Bintang ter-cerahnya adalah Capella, yang -dihubungkan dengan Amalthea. Tiga bintangnya, Epsilon, Zeta dan Eta Aurigae disebut "Anak-anak". Kependekan Aur Genitif Aurigae Arti Charioteer Aksensio rekta 6 h Deklinasi 40° Tampak pada lintang Antara 90° dan -40° Pada meridian 9 p.m., May 20 Luas - Total Urutan ke-21657 derajat persegi Banyaknya bintang dengan magnitudo tampak < href="http://www.daviddarling.info/">http://www.daviddarling.info/

Aurora: Efek tabrakan antara partikel-partikel elektron dan proton dengan atom oksigen dan nitrogen pada lapisan atmosfer bagian atas pancarannya sampai ke bumi 8 sampai 10 menit. Warna hijau, biru kadang-kadang lembayung dapat dilihat oleh orang-orang di dekat kutub bumi, disebut aurora borealis.

Autumn : musim gugur; musim yang terjadi di belahan bumi utara pada tanggal 23 September sampai dengan 22 desember, sedangkan di belahan bumi selatan pada tanggal 21 maret sa,pai dengan 21 Juni, sebagai peralihan dari misim panas ke musim dingin.
Autumn: MusimGugur:
www. filebuzz. Com

Azimuth : besarnya sudut pada lingkaran horizon yang dihitung dari titik selatan ke titik perpotongan lingkaran vertikal bintang tersebut dengan horizon, besarnya azimuth 0o –360o, arah besarnya azimuth searah dengan perputaran jarum jam dari titik selatan langit. ( lihat zenith distance, almucantarat dan Altitude of star )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar