Minggu, 14 Juni 2009

Abjad D

Cygnus
www.acme.company.com


Database Management System ( DBMS Sistem manajemen berbasis data digu-nakan untuk menjawab data-data atribut atau non spasial yang tidak dapat dijawab oleh sistem ( lihat CAC dan CAD ).

Declination : deklinasi; Koordinat langit setara dengan garis lintang di bumi. Suatu benda pada deklinasi + 90o ialah pada kutub utara langit ( diatas kepala kutub utara bumi ) Deklinasi 0 o menandai ekuator langit.dan sebaliknya, maka ada dua deklinasi ( lihat Positive declination dan Negative declination ).

Destiny laboratory : laboratorium ruang angkasa AS, sedangkan stasiun ang-kasanya disebut Alpha.

Digital database : data dasar digital ; data yang dihasilkan dari pengolahan peta di dalam layar komputer ( on screen maps ) yang nantinya diolah oleh fungsi-fungsi analisa pada perangkat lunak ( sofware ) yang tersedia melalui menu atau petunjuk-petunjuk data yang dihasilkan dari pengolahan peta dalam layar monitor.

Digital Elevation Model ( DEM ) : model elevasi digital atau model suatu wilayah atau fenomena geografi yang dibentuk dengan menggunakan data panjang, lebar dan ketinggian melalui bantuan komputer.

Digitation : digitasi; proses konversi data analog menjadi data digital yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu digitasi manual dengan digitizer dan digitasi pada layar monitor.

Digitizer : alat yang digunakan untuk digitasi, yaitu mengubah data - data teris-tris menjadi data digital.

Disk drive : bagian CPU yang mampu menghidupkan suatu program.

Draconic Month: bulan draconis; interval waktu yang dibutuhkan bulan untuk bergerak dari suatu node kembali ke node tersebut.Panjang bulan Draconis = 27,21222 =27h 05j 19m

Dreyer, J.L.E : seorang astronom yang pada tahun 1888 menerbitkan “ New General Catalogue “( NGC ) yang mendaftar 8.000 Nebula dengan nomor “ NGC “ dan setengahnya berupa Galaksi piral. Pada tahun 1908 diterbitkan 2 Jilid Index Catalogues dengan nomor “ IC “ ditambahkan 90 % lebih dari 13.000 Nebula yang diketahui ternyata berupa galaksi yang belum dikenal.

Dwarf planets : planet kerdil, planet-planet katai beranggotakan Pluto dan benda-benda langit lainnya di tata surya didalamnya termasuk asteroid, ceres dan Charon.

Early Bird : rangkaian satelit komunikasi intelsat pertama diluncurkan ke garis edar Geostationer di atas Atlantik dalam bulan April 1965. Ia dapat menghubungkan AS dan Eropa melalui telepon dan TV selama 35 tahun.

Earth Rotation : Rotasi bumi; perputaran bumi pada porosnya, untuk satu kali perputaran memerlukan waktu 24 jam ( 23 jam 56 menit ) dari arah barat menuju ke timur. Kalau keliling bumi sekitar 40.000 km, maka kecepatan untuk di ekuator = 1.667 km per jam. Bukti – bukti kalau bu-mi mengadakan rotasi pernah dilakukan o-leh : Benzenberg ( 1802 ) dan Reich (1831 ) dari jerman dengan menjatuhkan benda dari atas menara, ternyata benda tersebut jatuhnya melenceng meskipun ada pengaruh angina ). Percobaan ke dua dilakukan oleh Focault ( 1851 ) dari Perancis yang melakukan percobaan di Kubah Pantheon di Kota paris dengan ayunan di gantung pada seutas tali kea rah bintang tetap. Setelah 6 jam kemudian arah bandul berunah. Ayunan ini lebih tepay kalau dilakukan di daerah Kutub. Gejala – gejala alam yang timbul akibat rotasi adalah : 1. terjadinya siang dan malam bagi tempat – tempat di bumi.2. Perbedaan waktu bagi tempat – tempat di bumi. 3. Arah dan pembelokan arah angina ( terutama yang menuju ekoator ), dan 4 Kepepatan bumi pada ke dua kutubnya.

Eclipse of the Moon : Gerhana Bulan; suatu keadaan alam di mana Bulan masuk ke dalam bagian bayang-bayang bumi, hal ini terjadi karena Matahari - Bumi- Bulan terletak pada satu garis lurus, satu titik simpul. Kalau Bulan berada di daerah penumbra ( bayang-bayang kabur ) disebut gerhana bulan kabur, sedangkan kalau bulan masuk pada bayang-bayang inti disebut gerhana Bulan Total ( penuh ). Gerhana bulan lamanya sekitar 100 menit, sedangkan gerhada bulan parsial sekitar 60 menit ( sesudah dan sebelum gerhana bulan total = 2 x 60 menit )

Eclipse of the Sun : Gerhana Matahari; Gerhana yang terjadi apabila bayang-bayang bulan mengenai bumi; Matahari – Bulan dan Bumi terletak pada satu garis lurus, satu titik simpul. Bagi tempat-tempat di Bumi yang terkena bayang-bayang tersebut akan mengalami gerhana Matahari. Apabila tempat-tempat di Bumi terkena bayang-bayang kabur bulan, maka terjadilah gerhana Matahari sebagian (Partial ), sedangkan tempat di Bumi yang dilalui bayang-bayang inti dari bulan, maka terrjadilah gerhana Matahari Total. Apabila jarak bumi ke bulan lebih panjang yaitu 405.530 km, akan terjadi gerhana Mataharii Cincin. Jarak terpendek Bumi- Bulan 363.310 km, maka terjadilah Gerhana Matahari biasa. Lintasan terdekat dengan bumi disebut titik Perigium dan yang terjauh disebut titik Apogium


Gerhana Matahari dan Gerhana bulan
http//Google.co.id/search

Ecliptics : ekliptika; lingkaran gerakan semu Matahari pada bola langit yang disebut lingkaran ekliptika. Lingkaran ini berpotongan dengan lingkaran ekuator langit membentuk sudut 23,5o.Ekliptika ini terbentuk karena bumiberedar menge-lilingi Matahari dalam waktu satu tahun yang lamanya 365 ¼ hari , karena kita berada di bumi, maka lingkaran itu yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar